Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BRTI Ajak Operator Evaluasi Mekanisme Pergantian SIM Card

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 18:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 22 54 2156758 brti-ajak-operator-evaluasi-mekanisme-pergantian-sim-card-K0ic2ltAlO.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengajak operator untuk melakukan evaluasi mekanisme pergantian SIM Card. Menurut Komisioner BRTI Bidang Hukum, I Ketut Prihadi hal tersebut untuk mengetahui apakah ada celah atau kekurangan pada mekanisme pergantian SIM Card saat ini.

"Dalam waktu dekat kami akan mengundang semua operator untuk mengevaluasi SOP dan mekanisme pergantian SIM Card," kata Ketut di Kantor Kominfo, Rabu (22/1/2020).

Ia mengatakan, pihaknya akan mencermati parameter-parameter apa yang kemungkinan masih ada celah. "Ini nanti yang bersama-sama akan kita rumuskan kira-kira bisa distandarkan semua operator itu seperti apa," ujarnya.

Ketika ada celah atau kekurangan, kemungkinan ada beberapa prosedur yang mungkin harus ditambahkan.

"Misalnya saja identitas lain yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi customer, jadi bukan hanya KTP saja, misalnya ada kartu keluarga yang bisa disandingkan. Jadi ada beberapa identitas yang bisa disandingkan," kata Ketut.

 Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengajak operator untuk melakukan evaluasi mekanisme pergantian SIM Card.

Ini perlu dievaluasi untuk menutupi celah dan kekurangan mekanisme serta SOP pergantian SIM Card. Setelah mekanisme dan SOP sudah terevaluasi dengan baik, Ketut menyebutkan operator juga perlu meyakinkan bahwa implementasi dari SOP harus diperhatikan dengan ketat.

Dengan demikian, tidak ada lagi oknum atau pelaku yang bisa meretas atau membajak nomer ponsel dengan modus pergantian SIM Card.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini