Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BRTI Minta Penjelasan Indosat Ooredoo Terkait Kasus Ilham Bintang

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 18:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 22 54 2156764 brti-minta-penjelasan-indosat-ooredoo-terkait-kasus-ilham-bintang-AgyIm4IbdD.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Komisioner BRTI Bidang Hukum, I Ketut Prihadi mengungkapkan bahwa pihaknya telah meminta penjelasan dari Indosat terkait kasus Ilham Bintang.

Menurut Ketut, praktik penggantian Kartu SIM yang melawan hukum ini tidak akan terjadi apabila mekanisme dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dijalankan dengan baik.

BRTI mengajak operator untuk melakukan evaluasi mekanisme pergantian SIM Card.

"Dalam waktu dekat kami akan mengundang semua operator untuk mengevaluasi SOP dan mekanisme pergantian SIM Card," kata Ketut di Kantor Kominfo, Rabu (22/1/2020).

Ia mengatakan, pihaknya akan mencermati parameter-parameter apa yang kemungkinan masih ada celah. "Ini nanti yang bersama-sama akan kita rumuskan kira-kira bisa distandarkan semua operator itu seperti apa," ujarnya.

Ketika ada celah atau kekurangan, kemungkinan ada beberapa prosedur yang mungkin harus ditambahkan.

"Misalnya saja identitas lain yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi customer, jadi bukan hanya KTP saja, misalnya ada kartu keluarga yang bisa disandingkan. Jadi ada beberapa identitas yang bisa disandingkan," kata Ketut.

Terkait dengan data identitas nasabah layanan keuangan yang melekat pada nomor seluler pelanggan pada Kartu SIM, BRTI akan berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini