Ini Manfaat Fitur Dark Mode di WhatsApp

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 24 207 2157568 ini-manfaat-fitur-dark-mode-di-whatsapp-2ouCOb7MLF.jpg Ilustrasi Mode Gelap (Foto: Ist)

JAKARTA - Fitur dark mode (mode gelap) belakangan sedang tren. Beberapa aplikasi hingga sistem operasi ponsel dan komputer ramai-ramai mengadopsi fitur dark mode pada platformnya.

Belum lama ini WhatsApp akhirnya menyematkan fitur tersebut pada versi beta Android. Fitur tersebut sejatinya memberikan tampilan gelap (hitam atau abu-abu pada latar belakang aplikasi). Selain itu, mode gelap di WhatsApp diklaim memiliki beberapa manfaat untuk penggunanya, antara lain:

 Ini Manfaat Fitur Dark Mode di WhatsApp

1. Baik untuk Kesehatan

Paparan cahaya yang terlalu banyak mampu menekan sekresi melatonin, yang merupakan hormon yang dibutuhkan untuk tidur. Untuk itu ketika banyak bermain smartphone membuat susah tidur. Kinerja otak akan mulai terganggu. Selain itu, paparan cahaya biru pada smartphone juga membuat mata mudah lelah dan kering. Oleh karena itu, mode gelap diklaim mampu meredam cahaya yang masuk ke mata kita dengan warna yang lebih gelap.

Baca Juga: Mengenal Fitur Dark Mode WhatsApp dan Cara Mengaktifkannya

2. Hemat Baterai

Google telah mengonfirmasi adopsi mode gelap pada layar OLED telah membantu daya tahan baterai. Misalnya, pada kecerahan 50%, antarmuka mode gelap di aplikasi YouTube menghemat sekitar 15% energi layar dibandingkan dengan latar belakang putih. Pada kecerahan layar 100%, antarmuka gelap menghemat 60% energi layar.

3. Tampilan yang Lebih Bagus

Perancang dan pengembang aplikasi, Roman Banks mengakui bahwa warna hitam membuat desain lebih menarik. Pasalnya warna lain akan lebih menonjol. Selain itu warna hitam membuat desain lebih kokoh dan menampilkan kesan kuat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini