Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Aplikasi dan Sistem Operasi yang Hadirkan Fitur Dark Mode

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 11:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 207 2157575 daftar-aplikasi-dan-sistem-operasi-yang-hadirkan-fitur-dark-mode-pk2AhpAOqr.jpg Ilustrasi WhatsApp (Foto: Ist)

JAKARTA - Belum lama ini WhatsApp telah merilis fitur dark mode (mode gelap) pada aplikasi Android versi beta. Fitur ini memang telah tren belakangan ini, setelah Twitter pertama kali merilisnya pada 2016.

Dilansir dari laman Weekdone, Jumat (24/1/2020) saat ini sudah banyak aplikasi hingga sistem operasi ponsel dan komputer yang mengadopsi fitur mode gelap tersebut. Sistem operasi yang mendukung fitur ini seperti Windows 10, Mac OS Mojave, Android 10, iOS 13

Sementara untuk software atau aplikasi yang dukung fitur dark mode antara lain Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox, Facebook Messenger, Whatsapp, Viber, Skype, Slack, Twitter, Instagram, Todoist, Notion, dan Trello.

Daftar Aplikasi dan Sistem Operasi yang Hadirkan Fitur Dark Mode

Baca Juga: WhatsApp Hadirkan Fitur Dark Mode dalam Versi Beta

Fitur mode gelap memiliki beberapa manfaat untuk penggunanya. Selain nyaman di mata dan tampilan yang lebih bagus, fitur tersebut juga membantu menghemat baterai ponsel.

Google melakukan penelitian dan menemukan mode gelap pada layar OLED telah membantu daya tahan baterai lebih awet. Pada kecerahan 50%, antarmuka mode gelap di aplikasi YouTube menghemat sekitar 15% energi layar dibandingkan dengan latar belakang putih. Pada kecerahan layar 100%, antarmuka gelap menghemat 60% energi layar.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini