Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deteksi Panas Tubuh, Intip Cara Kerja Thermal Scanner

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 24 56 2157732 deteksi-panas-tubuh-intip-cara-kerja-thermal-scanner-Ipg7xfssW7.jpg (Foto: NBC News)

JAKARTA - Demi mencegah penyebaran virus korona masuk ke Indonesia, bandara dan pelabuhan dipasangkan perangkat pendeteksi panas tubuh atau thermal scanner.

Untuk memakai thermal scanner, pengguna harus mengarahkan alat ini ke suatu objek atau area. Lensa kamera memfokuskan cahaya inframerah yang dipancarkan oleh semua objek dalam sudut pandang lensa.

Cahaya fokus kemudian dipindai oleh serangkaian detektor inframerah secara bertahap. Elemen-elemen detektor kemudian menciptakan pola suhu yang terperinci dan tepat yang dikenal sebagai termogram kira-kira satu per tiga puluh detik.

Informasi suhu dikumpulkan dari beberapa ribu titik di bidang pandang detektor.

Termogram yang dibuat oleh elemen detektor kemudian diterjemahkan menjadi impuls listrik. Impuls dikirim ke papan sirkuit dengan chip khusus yang menerjemahkan informasi dari elemen detektor menjadi data yang dapat digunakan.

 Demi mencegah penyebaran virus korona masuk ke Indonesia, bandara dan pelabuhan dipasangkan perangkat pendeteksi panas tubuh.

Terakhir, unit pemrosesan sinyal mengirimkan informasi inframerah yang diterjemahkan ke layar, menciptakan gambar berbagai warna tergantung pada intensitas (panas) dari emisi inframerah.

Thermal scanner baru-baru ini digunakan untuk mendeteksi virus korona di beberapa bandara dan pelabuhan di Indonesia. Alat ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi korban yang terperangkap di bawah puing-puing.

Polisi juga menggunakan pencitraan termal untuk menangkap tersangka yang bersembunyi. Alat ini juga membantu dokter hewan untuk mengindikasikan infeksi dan pendarahan internal pada sapi atau kuda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini