Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Akselerasi Pengembangan Drone Elang Hitam, Uji Terbang di 2021

Senin 27 Januari 2020 20:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 56 2159149 pemerintah-akselerasi-pengembangan-drone-elang-hitam-uji-terbang-di-2021-XpJGSDg08a.jpg (Foto: Ist)

JAKARTA - Indonesia siap lakukan percepatan pengembangan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) atau Drone Elang Hitam Kombatan, EH-4 dan EH-5. Spek tersebut digadang untuk menyamai Drone CH-4 Rainbow buatan RRC.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) usai mengikuti Ratas Kabinet tentang industri pertahanan di PT.PAL Surabaya, Jawa Timur Senin (27/01) mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo memberi arahan untuk mendorong program pengembangan Drone tipe Medium Altitude Long Endurance (MALE) atau disebut PUNA MALE.

"Presiden di Ratas menegaskan untuk mendorong pengembangan PUNA MALE Elang Hitam, dan pengembangan Alutsista buatan lokal lainnya," ungkap Hammam usai mengikuti Ratas Kabinet melalui keterangan resminya.

 Indonesia siap lakukan percepatan pengembangan Pesawat Udara Nir Awak (PUNA).

Hammam kemudian menyebut bahwa pihaknya siap melakukan akselerasi pengembangan Drone Elang Hitam. Hal ini katanya akan dilakukan bersama Konsorsium PUNA MALE Kombatan yang terbentuk pada tahun 2017. 

Adapun setelah BPPT, konsorsium itu beranggotakan Kementerian Pertahanan yaitu Ditjen Pothan dan Balitbang, TNI-AU (Dislitbangau), ITB (FTMD),  BUMN yaitu PT Dirgantara Indonesia dan PT Len Industri. Pada tahun 2019, LAPAN baru masuk sebagai anggota konsorsium, dan bersama sama ambil bagian dalam pengembangan PUNA MALE Kombatan.

Langkah percepatan pengembangan Drone buatan lokal imbuh Hammam, ditujukan untuk mendapatkan PUNA MALE dengan spek Kombatan atau Unmaned Combat Aerial Vehicle (UCAV), dalam jangka waktu yang dipercepat dari tahun 2024 menjadi 2022.

"Diperlukan percepatan agar PUNA MALE Kombatan tersertifikasi, dapat digeber untuk siap terbang pada Tahun 2022. Dengan adanya isu seperti kedaulatan di Natuna, maka kesiapan misi pesawat PUNA MALE Kombatan ini sangat diperlukan. Sehingga PUNA MALE Kombatan diperlukan sesegera mungkin," paparnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini