Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Drone Elang Hitam Kombatan Bisa Jadi CCTV di Langit Nusantara

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 15:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 207 2159540 drone-elang-hitam-kombatan-bisa-jadi-cctv-di-langit-nusantara-kMT5mW0Sal.jpg Drone PUNA MALE. Foto : Istimewa

Drone Elang Hitam Kombatan EH-4 dan EH-5 yang akan dikembangkan pada 2020-2022 bersama drone seri EH-1,2,3 oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bakal menjadi CCTV di langit Indonesia.

“Jadi Drone Elang Hitam juga akan dilengkapi fungsi ISTAR yakni Intelligence, Surveillance, Target Acquisition and Reconnaissance, dan Weapon System (Sistem Persenjataan),”ujar Kepala BPPT Hammam Riza dalam sebuah keterangan resmi, Selasa (28/01/2020).

Dengan kelengkapan fungsi itu, Hammam menyebutkan, drone dapat menjadi wahana penting dalam menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI) baik di wilayah darat, laut, maupun udara melalui pantauan udara.

“Drone Elang Hitam ini akan menjadi semacam CCTV (Closed Circuit Television) di Langit Nusantara guna menjaga kedaulatan dan pengawasan baik di wilayah darat maupun laut melalui pantauan udara,”ujar Hammam.

Drone ini, kata Hammam juga akan menjadi alat intai di wilayah-wilayah perbatasan dan pulau-pulau terluar di Indonesia. "BPPT bersama konsorsium dengan semangat merah putih tentu siap mewujudkannya," tegas Hammam.

Ke depan Hammam mengusulkan bahwa kita juga perlu mulai memikirkan pengembangan sistem pertahanan atau Alutsista anti Drone.

"Hal ini seperti yang sudah dilakukan Turki, sistem pertahanan antidrone nya terus dikembangkan. Seperti dengan menggunakan laser. Kami sudah mulai melakukan kliring atau penguasaan teknologi untuk sistem tersebut," pungkas Hammam.

(ABD)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini