Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ponsel Jeff Bezos Diretas, Facebook Salahkan Apple

Selasa 28 Januari 2020 16:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 28 207 2159570 ponsel-jeff-bezos-diretas-facebook-salahkan-apple-zomdDg9KvX.jpg (Foto: Time)

JAKARTA - Ponsel Jeff Bezos, CEO dan pendiri Amazon kabarnya mengalami peretasan. Investigator meyakini bahwa ponsel iPhone milik Bezos diretas setelah ia menerima file video berukuran 4,4MB yang mengandung malware via WhatsApp.

Dilansir Livemint, Vice President of Global Affairs & Communications Facebook, Nick Clegg tidak menyalahkan WhatsApp karena aplikasi pesan instan ini memiliki enkripsi end-to-end yang tidak dapat diretas.

Facebook justru menyalahkan sistem operasi Apple terkait diretasnya ponsel milik bos Amazon tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC minggu lalu, Nick Clegg mengungkapkan bahwa ini bukan kesalahan WhatsApp.

"Kedengarannya seperti sesuatu, Anda tahu, apa yang mereka sebut beroperasi, dioperasikan di telepon itu sendiri. Tidak mungkin apa-apa, ketika pesan dikirim, dalam perjalanan, karena itu end-to-end dienkripsi di WhatsApp," kata Clegg kepada pembawa acara.

 Ponsel Jeff Bezos, CEO dan pendiri Amazon kabarnya mengalami peretasan.

Clegg membandingkan peretasan dengan membuka email berbahaya. Ia mengatakan bahwa "itu hanya hidup ketika Anda membukanya".

Menurut sebuah laporan dari FTI Consulting, perusahaan yang telah menyelidiki ponsel Bezos, setelah file video diterima, ponsel Bezos mulai mengirim sejumlah besar data keluar, termasuk pesan intimnya dengan pacarnya Lauren Sanchez.

Menurut Clegg, "sesuatu" pasti telah memengaruhi sistem operasi ponsel.

"Anda pasti yakin bahwa teknologi enkripsi ujung-ke-ujung tidak bisa, kecuali jika Anda memiliki handset, atau Anda memiliki pesan di kedua ujungnya, tidak dapat diretas," katanya.

Apple belum mengomentari pernyataan Facebook.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini