Menristek : Lapan Harus Fokus Kembangkan Teknologi Drone

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 207 2160112 menristek-lapan-harus-fokus-kembangkan-teknologi-drone-x1lsS61DMT.jpg Ilustrasi drone. Foto : Istimewa

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN), Bambang P.S. Brodjonegoro mengungkapkan Indonesia perlu memiliki dan mengembangkan sebuah alat teknologi yang berdampak pada kemajuan serta ketahanan negara. Misalnya pesawat tanpa awak, atau drone.

“Ke depan Indonesia melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) perlu memfokuskan untuk menghadirkan teknologi drone yang akan menjadi tren di masa mendatang,"terang Menteri Bambang dalam sambutannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh 2020, di Sari Pan Pacific Jakarta (28/01/2020).

Menanggapi hal itu Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin menyebutkan bahwa Menteri Bambang telah mengarahkan LAPAN agar fokus pada teknologi keantariksaan pengembangan satelit didukung dengan pengembangan pesawat tanpa awak (drone). Ini karena drone dan satelit merupakan satu bagian yang integral untuk sistem pemantauan.

Ia menyebutkan, LAPAN saat ini menjadi koordinator dalam program pengembangan satelit dalam Prioritas Riset Nasional 2020-2024, yaitu membuat satelit komunikasi orbit rendah konstelasi. “Pada prioritas riset nasional nanti, tentu di dalamnya bukan hanya untuk komunikasi tapi satelit untuk penginderaan jauh juga menjadi program yang terus dilanjutkan,” ujarnya.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini