Universitas Padjadjaran Harus Bisa Menjadi Universitas Riset

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 29 207 2160122 universitas-padjadjaran-harus-bisa-menjadi-universitas-riset-L239ZDejs9.jpg Menristek dan Civita Akademi Unpad. Foto : Kemenristek

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro mendorong agar Universitas Padjadjaran bisa menjadi Universitas Riset (research university). Dengan demikian Unpad harus memiliki unggulan dengan prioritas bidang tertentu.

“Saya tahu Unpad punya banyak fakultas, maka yang terpenting adalah bagaimana memadukan antara bidang disiplin ilmu. Karena kalau kita bicara konteks penelitian yang berujung pada inovasi, mau tidak mau kita tidak bisa bekerja sendiri. Dibutuhkan kerjasama dan sinergi antarbidang disiplin ilmu,” jelas Menteri di hadapan para dosen peneliti di Aula Bale Sawala Unpad Jatinangor, Jumat (24/01/2020).

Menteri juga menegaskan Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan bagian dari 11 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang ada di Indonesia. Maka dalam konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi, Unpad akan sangat ditunggu kiprahnya, khususnya dalam hal penelitian.

Karena itu, Menteri Bambang berpesan agar Unpad bisa membangun sinergi dan harmoni antarfakultas, antarjurusan, keahlian dan bidang disiplin ilmu. Sehingga isu yang menjadi prioritas bisa dijawab secara komprehensif.

“Sebagai contoh untuk satu komoditi tertentu saja, misalnya cabai. Bagaimana menjadi komoditas unggul. Perlu tahapan panjang dan membutuhkan perhatian dari banyak bidang. Mulai dari riset mengenai bagaimana cara meningkatkan produktivitas, kualitas, tingkat kepedasan, hingga tata niaganya,”ujarnya.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini