Menristek Minta Unpad Fokuskan Riset di Bidang Pertanian dan Kesehatan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 207 2160492 menristek-minta-unpad-fokuskan-riset-di-bidang-pertanian-dan-kesehatan-WK6TcSDzCE.jpg Ilustrasi pertanian. Foto : Istimewa

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro berpesan agar Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki spesifikasi dan prioritas unggulan dalam bidang riset.

Terkait hal ini, Menteri Bambang menyarankan Unpad bisa fokus dalam dua alternatif bidang riset yakni Pertanian dan Kesehatan. Khususnya yang memiliki manfaat untuk wilayah di sekitar Jawa Barat.

"Kabupaten dan daerah sekitar Unpad itu, bisa menjadi laboratorium penelitian bagi para dosen dan mahasiswa Unpad. “Karena itu adalah isu real yang harus kita jawab,” ujar Menteri Bambang di hadapan para dosen peneliti di Aula Bale Sawala Unpad Jatinangor, Jumat (24/01/2020).

Menteri Bambang juga berpesan kepada dosen peneliti agar melakukan penelitian untuk satu tujuan yaitu mengurangi impor. Sehingga dapat mengurangi biaya produksi. Dengan demikian bisa membuat daya beli masyarakat tumbuh.

“Dengan penelitian, sebetulnya dapat secara tidak langsung ikut menyejahterakan masyarakat. Jadi tidak perlu mengadakan baksos di suatu daerah. Tapi bisa dengan penelitian yang bermanfaat langsung pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Di lain sisi, terkait dengan bidang kesehatan, Indonesia sebetulnya memiliki potensi biodiversiti baik di laut maupun darat yang dapat dimanfaatkan untuk riset di bidang farmasi dan kesehatan. Namun, kata Menteri, untuk produksi obat kimia ternyata mayoritas bahan-bahannya masih impor.

"Padahal Indonesia memiliki kekayaan biodiversiti. Biodiversiti di laut dan darat ini, bisa menjadi sumber obat masa depan,”kata Menteri.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini