Share

Science Techno Park IPB Harus Munculkan Produk Inovatif

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 207 2160558 science-techno-park-ipb-harus-munculkan-produk-inovatif-Y5nepaC0mC.jpg Belajar bertani di Science Techno Park IPB. Foto : Dok. STP IPB

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Ka. BRIN) Bambang P. S. Brodjonegoro mendorong agar Science Techno Park (STP) Institut Pertanian Bogor memunculkan produk-produk inovatif di kancah nasional dan global.

“STP merupakan ujung dari rangkaian kegiatan riset dan inovasi. Karena itu harus benar-benar memunculkan inovasi dan produk-produk inovatif yang dihasilkan. Saya optimistis nantinya salah satu produk inovasi Indonesia yang bisa dikedepankan tidak hanya di arena nasional tetapi di arena global harus yang berbasis pertanian,”ujar Menteri Bambang saat mengunjungi fasilitas Science Techno Park (STP) IPB, Kamis 23/01/2020.

Menteri menyatakan Science Techno Park (STP) merupakan wahana penting dalam proses inovasi teknologi. Peran STP di universitas berada pada tahapan akhir dari upaya Research & Development (R & D) di universitas seperti yang ada di IPB.

Keberadaan STP seperti STP IPB juga menunjukkan konsep triple helix yang bisa diterapkan ( in practic ) dan bukan sekadar konsep ( in concept ), kata Menteri. Sinergi antara sektor swasta yaitu industri mitra dan tenant, dengan akademisi dan peneliti IPB serta pemerintah dalam hal ini Kemenristek/BRIN yang memfasilitasi adanya STP, serta unsur lain termasuk pemerintah daerah harus dijalankan.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini