Facebook Berantas Hoaks Virus Korona

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 207 2161687 facebook-berantas-hoaks-virus-korona-AV4ltyHWu3.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Facebook mulai menghapus informasi yang salah tentang wabah virus korona dari platform-nya. Langkah ini diambil setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan darurat kesehatan global atas virus korona yang telah menginfeksi lebih dari 9.809 orang dan menewaskan 213 orang di China, seperti dikutip NBC.

"Perusahaan akan menghapus konten dengan klaim palsu atau teori konspirasi yang telah ditandai oleh organisasi kesehatan global karena itu dapat menyebabkan rusaknya kepercayaan orang-orang," kata Kepala Kesehatan Facebook Kang Xing Jin.

"Ini termasuk klaim yang berkaitan dengan penyembuhan palsu atau metode pencegahan palsu serta klaim yang menciptakan kebingungan tentang sumber daya kesehatan yang tersedia," tambahnya.

Facebook menyatakan, pihaknya akan terus bekerja dengan pemeriksa fakta independen untuk membatasi penyebaran informasi plasu tentang virus korona dan akan menunjukkan informasi yang akurat.

 Facebook mulai menghapus informasi yang salah tentang wabah virus korona.

Facebook juga akan berbagi data dengan para peneliti untuk membantu mereka memperkirakan penyebaran virus tersebut.

Raksasa media sosial itu pernah dikritik karena gagal menghapus posting-an anti-vaksinasi tahun lalu. Oleh karena itu, pada September 2019, Facebook mengumumkan kemitraan dengan WHO yang bertujuan mengarahkan pengguna ke informasi vaksinasi yang akurat dari badan kesehatan PBB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini