Media Massa Harus Manfaatkan Dunia Digital untuk Rebut Pembaca

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 03 Februari 2020 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 207 2162714 media-massa-harus-manfaatkan-dunia-digital-untuk-rebut-pembaca-TUFk8jwDcm.jpg Menkominfo Johnny G Plate. Foto : Istimewa

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta media massa konvensional bersiap menghadapi era multiplatform dan harus memanfaatkan sarana yang ada di dunia digital untuk merebut pembaca dan penonton serta menyesuaikan dengan perubahan zaman.

“Media cetak dan televisi secara bisnis memiliki ruang yang sempit, sedangkan dunia digital terus berkembang seiring kecepatan jaringan internet yang semakin tinggi. Untuk itu, media harus mulai merambah dunia digital dengan menyediakan layanan multiplatform,”ujar Menteri ketika membuka Workshop ‘Penulisan Opini Melawan Hoaks’ di Jakarta, seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (3/02/2020).

Di sisi lain, Menteri mengungkapkan bahwa di kalangan masyarakat luas, berita palsu marak berseliweran. Karena itu, masyarakat diminta hati-hati karena hampir di semua bidang seperti politik, hukum, hingga ekonomi telah dimasuki berita hoaks dan disinformasi.

“Di era sekarang hoaks dan disinformasi itu hampir masuk ke seluruh ruang lingkup kehidupan, tidak saja politik tapi hampir seluruh ruang lingkup kehidupan kita saat ini diisi dengan hoaks dan disinformasi,” paparnya.

Menteri Johnny menambahkan, perkembangan teknologi yang begitu pesat di era digital seperti sekarang dapat membuat berita hoaks atau disinformasi dapat beredar luas dalam waktu yang singkat. “Apalagi penyebaran hoaks jadi kebiasaan yang kadang-kadang tidak bertanggung jawab. Asal melihat judul, di-forward. Hoaksnya cuma satu tapi karena forward-nya masif, masyarakat yang dijangkau jadi jutaan dan jutaan lah masyarakat yang diberikan informasi salah,” ujarnya.

Menurutnya, sebagian besar penyebar hoaks tidak mengerti bahwa berita yang disebarkan merupakan informasi yang salah. Mereka hanya asal membagikan informasi yang didapat tanpa mencari tahu sumber informasi tersebut.

Menteri juga meminta agar masyarakat memastikan kebenaran dan sumber berita/informasi yang didapatkan sebelum menyebarkannya kepada orang lain. Sebab, berita hoaks dapat merusak kepentingan ekonomi, politik, lingkungan, bahkan merusak bangsa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini