Amankah Menggunakan Ponsel saat Muncul Petir?

Selasa 04 Februari 2020 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 03 56 2162795 amankah-menggunakan-ponsel-saat-muncul-petir-pICd9poFTD.jpg (Foto: Huffington Post)

JAKARTA - Menurut ahli di National Weather Service, menggunakan smartphone ketika petir berlangsung tidak berbahaya. John Jensenius, Spesialis Keselamatan Kilat di National Weather Service menjelaskan bahwa petir atau kilat menyambar melalui kabel maupun pagar.

“Hal pertama yang harus dipahami semua orang adalah bahwa tidak ada sesuatu yang benar-benar dapat menarik kilat, tetapi kilat menyambar melalui kabel, pagar, dan benda-benda seperti itu," kata John Jensenius, Spesialis Keselamatan Kilat di National Weather Service.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika Anda menggunakan ponsel saat terjadi petir, kemungkinan besar Anda tidak akan tersambar.

Menurut John Jensenius, ada kesalahpahaman tentang anggapan bahwa ponsel dapat menarik petir. Jika seseorang tersambar petir saat sedang menggunakan ponsel, orang-orang akan beranggapan jika ponsel tersebut ialah penyebabnya.

Padahal kenyataannya, John mengatakan bahwa sambaran petir tersebut tidak ada hubungannya dengan ponsel yang digenggam.

"Kuncinya adalah Anda harus berada di tempat yang aman sehingga Anda tidak tersambar petir. Tidak peduli apakah Anda membawa ponsel atau tidak," tambahnya.

Namun, beda halnya dengan telepon rumah. Penggunaan telepon rumah saat terjadi petir tidak aman karena telepon rumah tersambung dengan kabel di luar ruangan.

Petir dapat menyambar secara tidak langsung melalui kawat ke telepon rumah dan dapat melukai orang yang sedang menggunakannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini