RUU PDP Upaya Pemerintah Melindungi Data Pribadi

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 05 Februari 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 05 207 2163705 ruu-pdp-upaya-pemerintah-melindungi-data-pribadi-fIpmcZQlpv.jpg (Foto: Forbes)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate bertemu dengan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani. Pertemuan ini membahas Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).

Dalam pertemuan tersebut, Puan menyampaikan bahwa RUU PDP sebelumnya telah diputuskan melalui Rapat Paripurna yang akan dibahas di Komisi I.

Dia menambahkan insiatif pemerintah atas RUU PDP ini merupakan upaya untuk melindungi data pribadi dari hal-hal yang negatif yang tidak diinginkan.

Selain itu, RUU PDP harus memberikan manfaat untuk seluruh warga negara Republik Indonesia menyoal perlindungan data pribadi.

“Memang Undang-Undang ini merupakan suatu rancangan Undang-Undang yang kalau kita kemudian berhasil membahas hal ini, Indonesia akan menjadi negara yang ke-127 yang mempunyai UU yang terkait dengan perlindungan data pribadi,” kata Puan melalui konferensi pers usai menggelar pertemuan singkat dengan Menkominfo di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

 Menkominfo Johnny G Plate bertemu dengan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Menkominfo Johnny mengatakan dalam RUU PDP terdapat 15 BAB dan 72 pasal yang sangat spesifik, tetapi kontennya sendiri menyangkut dengan hak-hak yang sifatnya sangat rasional dan private.

“Karenanya harus dibicarakan secara menyeluruh, secara luas dan mengajak partisipasi publik yang luas dalam suatu proses politik di DPR ini yang akuntabel dan pruden,” kata Johnny.

Pemerintah berharap, UU PDP yang nantinya dihasilkan harus betul-betul dibutuhkan oleh negara saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini