Kominfo Berharap DPR Selesaikan Legislasi TV Analog ke Digital

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 207 2164192 kominfo-berharap-dpr-selesaikan-legislasi-tv-analog-ke-digital-aUiR5vcEXJ.jpeg (Foto: Kominfo.go.id)

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate bersama Jajaran Eselon I Kominfo menggelar Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI, di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Rabu (05/02/2020).

Dikutip dari Kominfo.go.id, salah satu isu yang menjadi pembahasan adalah program Kominfo tentang proses migrasi TV analog menuju pertelevisian digital.

Menteri Johnny mengatakan Kominfo hingga saat ini melihat proses simulcast (siaran simultan), khususnya di wilayah-wilayah terluar sudah berlangsung. Namun, terkait legislasi primer atau payung hukum untuk memastikan migrasi televisi analog ke televisi digital masih menjadi kendala hingga saat ini.

"Karenanya kami berharap payung hukum ini untuk bisa cepat dilakukan sehingga ada deadline kapan berakhirnya pelayanan televisi analog di Indonesia, dan kapan kita memulai secara full berlangsungnya televisi digital di Indonesia. Itu bisa dilakukan melalui revisi legislasi primer atau UU-nya," kata Menteri Johnny.

 Migrasi dari analog ke digital akan memberikan implikasi yang besar.

Menurut Menkominfo, migrasi dari analog ke digital akan memberikan implikasi yang besar terhadap kualitas manajemen dari spektrum frekuensi termasuk sumber dayanya yang hingga saat ini masih terbatas di Indonesia.

Pada saat Indonesia telah bermigrasi menggunakan televisi digital maka akan menghemat penggunaan frekuensi yang kapasitasnya cukup besar.

(ahl)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini