Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi Otomasi Ciptakan Lapangan Kerja Baru di 2030

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 14:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 06 207 2164293 teknologi-otomasi-ciptakan-lapangan-kerja-baru-di-2030-RZ5XrZf9SQ.jpg (Foto: Score)

JAKARTA - Teknologi otomasi berkembang memberikan dampak terhadap bidang tenaga kerja maupun industri. Menurut Analisa McKinsey Global Institute, otomasi berpotensi meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di Indonesia.

Teknologi otomasi bisa meningkatkan penghasilan tenaga kerja serta memberikan peluang bisnis bagi pelaku usaha. Teknologi ini juga membantu mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja bagi 25 juta angkatan kerja baru di Indonesia pada 2030.

Dengan penerapan teknologi, 16 persen dari total jam kerja di Indonesia akan dapat diotomasikan.

Pertumbuhan lapangan pekerjaan kemungkinan akan mengubah komposisi berbagai sektor dalam perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Kebutuhan tenaga kerja di sektor konstruksi dan manufaktur akan terus meningkat, begitu juga sektor akomodasi dan makanan, pendidikan, kesehatan, serta perdagangan ritel dan grosir.

Akan tetapi, pekerjaan yang bersifat rutin dan terprediksi akan rentan terhadap otomasi, seperti pekerjaan pengumpulan dan pemrosesan data.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini