Pentingnya Pendidikan Tinggi di Era Teknologi Otomasi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 207 2164296 pentingnya-pendidikan-tinggi-di-era-teknologi-otomasi-8Dm4389ipE.jpg (Foto: Robotic Process Automation)

JAKARTA - Keterampilan-keterampilan baru akan dibutuhkan dalam era otomasi ini. Keterampilan tersebut bukan hanya keterampilan teknologi, namun juga keterampilan sosial, emosional dan keterampilan kognitif yang lebih tinggi.

Berdasarkan Analisa McKinsey Global Institute, masyarakat Indonesia yang mengenyam pendidikan menengah mungkin akan menghadapi perubahan terbesar dalam dunia pekerjaan di 2030.

Peluang terbesar akan diperoleh mereka yang memiliki pendidikan tinggi atau pendidikan lanjut. Hal ini memunculkan tantangan penting bagi sektor pendidikan di Indonesia.

Indonesia membutuhkan strategi proaktif untuk menerapkan Artificial Intelligence (AI) dan otomasi agar mampu bersaing di pasar global dan ASEAN. Semua pemangku kepentingan termasuk pembuat kebijakan, institusi akademik, LSM, dan pelaku bisnis harus melakukan persiapan untuk menghadapi perubahan substansial dalam dunia kerja di masa mendatang.

Kini, setiap perusahaan harus mulai mempersiapkan rencana dan transisi ke masa depan pekerjaan melalui program pembelajaran jangka panjang, baik bagi orang-orang yang terdampak saat ini maupun mereka yang mungkin baru akan terdampak di masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini