Satelit Indonesia Raya Ratakan Akses Internet ke Seluruh Indonesia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 207 2164410 satelit-indonesia-raya-bantu-ratakan-akses-ke-seluruh-indonesia-OOlBqBqn8r.jpg Ilustrasi satelit. Foto : Istimewa

Satelit Indonesia Raya (Satria) merupakan satelit multifungsi yang akan diluncurkan ke slot orbit tahun 2022. Satelit ini dapat membantu pemerataan akses jaringan komunikasi dan internet broadband di seluruh Nusantara.

"Saat ini masih ada 150.000 titik yang tidak dapat akses internet cepat. Menurutnya jaringan internet cepat sekarang ini masih menggunakan serat optik namun serat optik tidak terjangkau ke titik tersebut," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI, di Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Kamis (06/02/2020).

Menteri Johnny merinci pemanfaatan Satria untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan, pemeritahan daerah, layanan kesehatan dan keamanan. "Satria ini diproyeksikan akan mendukung jaringan komunikasi untuk 93.900 sekolah, 47.900 kantor pemerintahan daerah, 3.700 puskesmas, dan 3.900 markas polisi dan TNI yang sulit dijangkau kabel optik," jelasnya.

Satria, kata Menteri dibangun oleh PT. Satelit Nusantara 3 dengan pembiayaan sebesar Rp6,4 Triliun. "Dana sebesar itu, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, di mana satelit itu memimiliki kapasitas 150 gigabita perdetik dan kapasitas enam kali lipat dari satelit yang sudah ada di Indonesia," tambahnya.

Dengan kapasitas yang besar Menteri Johnny menargetkan bisa membantu kantor pemerintah dan wilayah yang keberadaan sinyal sulit. "Satelit ini, akan digunakan untuk wilayah blankspot di Indonesia," tandasnya.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini