Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hacker Serang Pejabat Malaysia dengan Email Phishing

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 15:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 07 207 2164928 hacker-serang-pejabat-malaysia-dengan-email-phishing-XjHbWcryu7.jpg (Foto: The Guardian)

JAKARTA - Kelompok hacker yang disponsori China telah menargetkan operasi ke para pejabat Malaysia. Serangan terhadap para pejabat berupa email phishing yang sangat direncanakan, dilaporkan Zdnet.

Tim keamanan siber Malaysia, MyCERT mengatakan, tujuan dari serangan itu adalah untuk menginfeksi komputer para pejabat Malaysia dengan malware dan kemudian mencuri dokumen rahasia dari jaringan pemerintah.

"Operasi grup hacker tersebut cenderung menargetkan proyek-proyek yang disponsori pemerintah dan mengambil sejumlah besar informasi khusus untuk proyek-proyek tersebut, termasuk proposal, pertemuan, data keuangan, informasi pengiriman, rencana, gambar, dan data mentah," jelas MyCERT.

 Kelompok hacker yang disponsori China telah menargetkan operasi ke para pejabat Malaysia.

Para penyerang berpura-pura menjadi jurnalis, seseorang dari publikasi perdagangan, perwakilan organisasi militer, dan organisasi non-pemerintah (LSM) dan kemudian mengirim email.

Email tersebut berisi tautan ke sebuah dokumen dan ketika dibuka akan meminta penerima untuk mengaktifkan makro. Makro jahat menggunakan dua exploit Office (CVE-2014-6352 dan CVE-2017-0199) untuk mengeksekusi kode jahat pada sistem korban untuk mengunduh dan menginstal malware.

Menurut FireEye, selain Malaysia, grup ini juga menargetkan Kamboja, Belgia, Jerman, Hong Kong, Filipina, Norwegia, Arab Saudi, Swiss, Amerika Serikat, dan Inggris.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini