Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Perusahaan Teknologi China Kolaborasi Ciptakan Platform Mirip Google Play Store

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 07 207 2164978 4-perusahaan-teknologi-china-kolaborasi-ciptakan-platform-mirip-google-play-store-wim2bBymaf.jpg Ilustrasi Xiaomi dan Google. Foto : Istimewa

Demi menggeser dominasi Google Play Store perusahaan teknologi asal China Xiaomi, Huawei Technologies, Oppo, dan Vivo berkolaborasi bakal menciptakan platform untuk para pengembang aplikasi di luar negeri China.

Mirip dengan Google Play Store, platform ini ditujukan agar para pengembang aplikasi ini menyimpan hasil ciptaannya di tempat penyimpanan ini terus-menerus.

Keempat perusahaan ini tergabung dalam satu aliansi yang disebut dengan Global Developer Service Alliance (GDSA). Seperti dikutip dari Reuters, platform ini bakal memudahkan para pembuat gim, musik, film dan aplikasi yang lain memasarkan aplikasi mereka kepada siapa saja lintas benua dan lintas negara.

GDSA bakal diumumkan awal Maret. Hanya ini masih dalam tahap rencana mengingat wabah virus korona masih membuat Pemerintah China dan beberapa negara tetangga kerepotan menghadapi situasi ini.

Sebagai langkah awal, platform ini akan dibuat dan disebar meliputi sembilan wilayah termasuk India, Indonesia dan Rusia.

Oppo dan Vivo keduanya dimiliki oleh perusahaan manufaktur China, BBK Electronics. Oppo, Vivo, dan Xiaomi mengonfirmasi bahwa mereka telah bergabung dalam GDSA sebagai cara untuk menyimpan aplikasi yang mereka buat.

Juru bicara Xiaomi menyebutkan, aliansi ini tidak bermaksud untuk menantang Google dan menolak bahwa ini dilakukan karena larangan Pemerintah Amerika Serikat atas produk Huwaei.

(ABD)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini