Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan 4 Perusahaan Teknologi asal China Bikin Tandingan Google Play Store

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 07:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 07 207 2165088 alasan-4-perusahaan-teknologi-asal-china-bikin-tandingan-google-play-store-ODy5we4d4a.jpg (Foto: Androidpit)

JAKARTA - Tahun lalu, Huawei memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan saat meluncurkan ponsel andalannya. Mate 30 Pro hadir tanpa dukungan layanan Google, sehingga membuat Huawei mencari cara demi mengatasi hal ini, dilansir dari Cnet.

Mate 30 Pro tetap menggunakan Android yang merupakan open source, namun handset ini tidak memiliki aplikasi Google sama sekali. Oleh karena itu, Huawei menciptakan pengganti Google Play Store, yaitu AppGallery.

Huawei berharap untuk lebih siap menghadapi persoalan ini pada 2020. Perusahaan memutuskan bekerjasama dengan tiga vendor raksasa teknologi asal China lainnya, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Menurut laporan Reuters, proyek ini akan dinamakan Global Developer Service Alliance (GDSA) yang bertujuan untuk menyatukan basis pengguna empat perusahaan tersebut demi mendorong lebih banyak pengembang untuk mengunggah barang mereka ke platform bersama.

"Ini akan menjadi langkah penting bagi merek-merek China karena mereka berupaya mengurangi ketergantungan pada Google sehubungan dengan perang dagang AS-China," kata analis Counterpoint Research, Neil Shah.

Meskipun kehadiran ponsel-ponsel merek China terbatas di AS, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo menyumbang 40% dari seluruh penjualan smartphone global pada tahun 2019, menurut penelitian Counterpoint.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini