Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teko Ini Ubah Air Kotor Jadi Air Layak Minum

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 14:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 07 56 2164876 teko-ini-ubah-air-kotor-jadi-air-layak-minum-DVQTqzjGCO.jpg (Foto: Lipi.go.id)

JAKARTA - Air menjadi kebutuhan bagi makhluk hidup. Biasanya, air dimasak terlebih dahulu sebelum diminum untuk menghilangkan bakteri yang membahayakan tubuh.

Ternyata, ada sebuah cara untuk membunuh bakteri tanpa harus memanaskan air. Menggunakan formulasi zeolite, arang aktif, dan bentonite yang dicampur dengan lempung menghasilkan produk teko yang ramah lingkungan, dikutip dari Lipi.go.id.

Formulasi ini tidak hanya memiliki kemampuan membunuh bakteri namun juga bekerja sebagai penghambat pertumbuhan bakteri baru dalam teko.

Inovasi ini dibuat oleh pelajar SMA Negeri sampang, Cilacap, Jawa Tengah. Ia berhasil menciptakan sebuah kreasi berupa teko pengolah air sehat.

Teko pengolah air sehat ini, masuk dalam nominasi National Young Inventors Award ke 9 ( NYIA) yang di selenggarakan lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia ( LIPI). Meskipun tidak meraih juara, teko pengolah air bersih ini mendapatkan apresiasi dari ahli keramik Indonesia, Prof Dr Arsam sunaryanto.

“Pada musim hujan air sumur di tempat kami terkontaminasi air kotor dan membuat air menjadi keruh dan kotor. Kualitasnyapun menurun dan menjadi ancaman kesehatan,” kata Okti Nurhidayah, yang ketika teko ini diperkenalkan ke publik duduk di SMA Negeri sampang, Cilacap, Jawa Tengah.

Tidak hanya alasan kontaminasi air sumur, menurut Okti, saat musim kemarau juga terjadi instrusi yang membuat air PDAM menjadi terasa sedikit asin. Kondisi tersebut membuat banyak warga yang terserang diare akibat kondisi air yang kurang sehat. Baik saat musim hujan maupun saat musim kemarau.

Menurut Okti, ide membuat teko ini muncul begitu saja. Selain menggemari gerabah, Okti sedari kecil memang terbiasa dengan kegiatan pengrajian keramik untuk gerabah.

“Teko adalah alat yang biasa digunakan sehari-hari. Masyarakat sudah sangat familiar dengan teko sebagai wadah untuk minum mereka,” tambah Okti.

Teko ini mampu membunuh bakteri dan menetralkan zat-zat pencemar. Sehingga teko mampu menghasilkan air sehat. Dalam beberapa kondisi air, malah teko ini bisa menghasilkan air yang siap minum.

Okti membuat formulasi untuk membuat teko pengolah air sehat, yakni dengan mencampur zeolite, arang aktif serta dengan bentolite serta bahan baku teko, lempung. “zeolitdan bentolite serta arang aktif selama ini dikenal memiliki daya serap yang tinggi,” tambah Okti.

Teko yang diciptakan oleh Okti serupa dengan teko-teko air pada umumnya. Akan tetapi, kandungan zeolite, arang aktif dan bentolite dalam bahan pembuatan teko membuat teko ini punya kemampuan mengolah air yang tercemar menjadi air bersih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini