Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Produsen Ponsel Asal China Bikin Tandingan Google Play

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 08 207 2165260 alasan-produsen-ponsel-asal-china-bikin-tandingan-google-play-WOzWesw0JA.jpg (Foto: Tech Advisor)

JAKARTA - Perusahaan asal China seperti Huawei, Oppo, Vivo dan Xiaomi bekerjasama untuk menciptakan layanan alternatif dari Google Play Store, dikutip Tech.co.

Dinamakan Global Developer Service Alliance (GDSA), layanan alternatif Play Store ini akan menstandarisasi setiap toko aplikasi dari pabrikan China. Ini berarti pengembang aplikasi hanya perlu mengembangkan satu aplikasi untuk muncul di masing-masing toko aplikasi perusahaan.

Dengan standarisasi dengan GDSA, Huawei, Oppo, Vivo, dan Xiaomi membuat toko mereka secara signifikan lebih menarik bagi pengembang dan menandai tantangan serius bagi Google.

Setidaknya ada dua alasan utama mengapa perusahaan saling bekerjasama untuk menciptakan layanan alternatif Play Store.

Alasan pertama, Google Play Store telah dilarang di China oleh pemerintah China. Hal ini disebabkan oleh tindakan penyensoran internet pemerintah China yang memblokir semua layanan Google.

Dengan demikian, pengembang aplikasi harus bergantung menggunakan Android Open Source Project, yang secara teknis tidak dimiliki oleh Google dan bebas untuk digunakan siapa pun.

Alasan kedua, pemerintah Amerika Serikat (AS) telah melarang Huawei menggunakan layanan Google di seluruh dunia. Sehingga, Huawei tidak dapat menggunakan Play Store di ponsel terbaru.

Huawei harus menemukan app store yang masih akan menawarkan akses ke aplikasi-aplikasi terkemuka yang diminta konsumen, tanpa menggunakan Play Store.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini