Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ponsel dengan IMEI Luar Negeri Tidak Langsung Diblokir

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 23:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 09 207 2165845 ponsel-dengan-imei-luar-negeri-tidak-langsung-diblokir-ZckznqatyA.png Ilustrasi ponsel. Foto : Istimewa

Perangkat handphone dengan IMEI luar negeri, tidak akan serta-merta diblokir (blacklist) atau tidak dapat digunakan di Indonesia.

Agar tidak di-blacklist, pemilik yang membeli perangkat di luar Indonesia diharuskan mendaftarkan perangkat IMEI serta membayarkan pajak perangkat kepada pemerintah Indonesia.

Blacklist merupakan daftar perangkat dengan IMEI ilegal yang secara langsung akan diblokir saat teridentifikasi oleh sistem SIBINA, sehingga tidak dapat terhubung dengan layanan operator seluler. Sedangkan untuk mengidentifikasi whitelist, konsumen diharuskan menguji perangkat sebelum membeli.

Menteri Kominfo Johnny G Plate saat ditemui di Jakarta menegaskan, teknis identifikasi ini domainnya Kemenperin serta operator.

“Itu cara bagaimana mengidentifikasi apakah handphone itu punya IMEI yang legal atau ilegal. Cara blacklist berbeda dengan cara whitelist. Tetapi dua-duanya bertujuan untuk mencegah. Kalau blacklist begitu diketahui perangkatnya ilegal maka langsung dinyatakan diblokir. Sedangkan whitelist bagaimana menguji dulu sebelum beli,” paparnya.

Untuk pemasangan dan pengujian nomor IMEI, Menteri Johnny menyebut, nantinya alat tersebut akan dipasang di Kementerian Perindustrian dan tempat operator.

(ABD)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini