Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Mekanisme Ini Tentukan Ponsel Miliki IMEI Legal atau Tidak

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 09 Februari 2020 23:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 09 207 2165847 2-mekanisme-ini-tentukan-ponsel-miliki-imei-legal-atau-tidak-Iaoye4Tsoh.png Ilustrasi ponsel. Foto : Istimewa

Setidaknya ada dua mekanisme yang dilakukan pemerintah untuk mengidentifikasi apakah sebuah telepon seluler memiliki IMEI ( International Mobile Equipment Identity ) legal atau tidak, yakni blacklist dan whitelist. Blacklist artinya, pemerintah lansung memblokir perangkat tersebut, sementara whitelist, konsumen diberi kesempatan untuk menguji perangkat sebelum membeli.

Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam satu kesempatan menyebutkan, penentuan mekanisme blacklist dan whitelist terkait dengan sistem dan alat Sistem Informasi Basis Data IMEI Nasional (SIBINA) yang telah terpasang di Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Soal mekanisme, Menteri menyebutkan, informasi detail terkait teknis mekanismenya akan dikelola oleh operator seluler untuk diintegrasikan dengan SIBINA.

“Kita ingin menjaga semangat yang sama, baik pemerintah maupun operator selulernya. Namun, dalam menerapkan aturannya kita juga memperhatikan kondisi masyarakat yang tidak semuanya tahu aturannya. Ada masyarakat kecil yang jumlahnya besar, yang tentu kita tidak inginkan nanti mereka bermasalah setelah beli handphone-nya ternyata handphonen-nya bodong, lalu gak bisa pakai dan kemudian menciptakan masalah baru,” jelasnya.

Menteri Johnny menegaskan pemerintah optimistis regulasi ini akan memberangus peredaran ponsel ilegal di Indonesia. Regulasi ini juga menyangkut semua yang ilegal yang masuk ke wilayah Bea Cukai Indonesia, baik dibawa secara pribadi setelah membelinya di luar negeri, ataupun dari pasar di dalam negeri.

(ABD)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini