Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asisten Google Bisa Diakses Melalui Feature Phone

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 14:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 10 54 2166144 asisten-google-bisa-diakses-melalui-feature-phone-uOp1sO0s3V.jpg (Foto: Pernita Hestin Untari/Okezone)

JAKARTA - Indosat Ooredoo bekerjasama dengan Google Indonesia menghadirkan layanan 'Phone Line'. Layanan ini memungkinkan pengguna mengakses Asisten Google.

Layanan dapat digunakan untuk pengguna smartphone dan feature phone yang tidak memiliki layanan internet.

Menurut Vice President Head of Mobile Financial Service Indosat Ooredoo, Hendry Saputra pengguna Indosat Ooredoo dapat melakukan panggilan telepon ke 696 dan menanyakan informasi ke Asisten Google. Beberapa pertanyaan yang bisa ditanyakan seperti cuaca hari ini, restoran terdekat, jadwal sholat, dan banyak lagi.

"Seluruh user Indosat bisa menanyakan di handphone apa saja smartphone maupun Feature Phone. Karena layanannya ini bisa digunakan untuk panggilan telepon, pelanggan bisa mengakses Google Asisten, karena melalui panggilan telepon tidak ada internet dan data untuk mengakses," kata Hendry dalam acara peluncuran di Jakarta, Senin (10/2/2020).

Sebelumnya layanan ini telah diuji coba di lima kota yang memiliki pengguna ponsel feature lebih banyak yakni Medan, Kediri, Jombang, Karawang, dan Sukabumi. Bahkan ada 1 juta menit panggilan selama uji coba dari Juli hingga Desember 2019.

"Hari ini tersedia di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke," kata Hendry.

Menurut Hendry data yang didapatkan oleh pengguna yang mengakses Asisten Google melalui panggilan telepon ke 696 sama seperti Google Asisten yang tersedia di layanan smartphone.

Di sisi lain Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf mengatakan masih banyak orang Indonesia yang menggunakan ponsel tingkat menengah atau hanya mengakses 2G, sehingga informasi yang didapatkan terbatas.

"Misi Google ini ingin membangun solusi untuk mereka yang belum memiliki smartphone atau internet, sehingga kami berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo untuk menghadirkan layanan Google Asisten," kata Randy.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini