Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lindungi Pengguna, Google Chrome Akan Blokir Unduhan Tak Aman

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 14:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 11 207 2166699 lindungi-pengguna-google-chrome-akan-blokir-unduhan-tak-aman-hL9J6hRpIR.jpg (Foto: TechRadar)

JAKARTA - Google telah mengungkap rencana untuk memperingatkan pengguna Chrome tentang unduhan yang tidak aman (insecure). Demi melindungi pengguna, Google bisa melakukan pemblokiran dari unduhan yang tak aman.

"Hari ini kami mengumumkan bahwa Chrome akan secara bertahap memastikan bahwa halaman aman (HTTPS) hanya mengunduh file yang aman," tulis Joe DeBlasio dari tim keamanan Chrome dalam posting blog.

Ia lebih lanjut mengungkapkan, file yang diunduh secara tidak aman berisiko terhadap keamanan dan privasi pengguna. Misalnya, program yang diunduh secara tidak aman dapat ditukar dengan malware oleh penyerang

"Eavesdroppers (penyadap) dapat membaca laporan bank yang diunduh secara tidak aman oleh pengguna," katanya.

Melalui Chrome 82 yang akan dirilis pada April, Chrome akan memperingatkan pengguna jika mereka akan mengunduh konten campuran executable dari situs web yang aman.

Kemudian ketika versi 83 dirilis, unduhan yang dapat dieksekusi tersebut akan diblokir dan peringatan akan diterapkan ke file arsip.

 Google telah mengungkap rencana untuk memperingatkan pengguna Chrome tentang unduhan yang tidak aman (insecure).

File PDF dan .doc akan mendapatkan peringatan di Chrome 84, sementara file audio, gambar, teks, dan video melalui versi 85.

Akhirnya, semua unduhan konten campuran atau file yang tidak aman yang berasal dari situs aman akan diblokir melalui rilisnya Chrome 86.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini