Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti Inggris Uji Coba Vaksin Virus Korona pada Tikus

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 09:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 13 56 2167696 peneliti-inggris-uji-coba-vaksin-virus-korona-pada-tikus-4hwm9nQfOr.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Di tengah wabah virus korona, para ilmuwan di dunia berlomba untuk mengembangkan obat atau vaksin. Kabar terbaru mengungkap para peneliti di Imperial College London mulai menguji vaksin virus korona baru yang mereka temukan pada tikus.

Mereka mengklaim bahwa ini merupakan pengujian pertama yang dilakukan.

"Saat ini kami baru saja memasukkan vaksin yang kami hasilkan dari bakteri ini ke tikus," kata peneliti Imperial College London, Paul McKay seperti dilansir dari laman Science Alert, Kamis (13/2/2020).

McKay berharap timnya dapat mendapatkan hasilnya beberapa minggu ke depan dan mengetahui bagaimana respons antibodi tikus terhadap virus korona. Ia menambahkan masih belum bisa memastikan seberapa maju penelitian tim lain saat ini.

Kantor berita pemerintah Xinhua mengutip sebuah laporan berita lokal yang mengatakan bahwa Universitas Shanghai juga menyuntikkan vaksin uji ke tikus. Namun laporan lokal mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya dan belum ada pengumuman resmi tentang tes tersebut.

Menemukan vaksin untuk mengobati suata penyakit merupakan proses yang panjang dan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk pengujian hewan dan uji klinis pada manusia.

Regulator kemudian harus memastikan bahwa vaksin tersebut cukup aman dan efektif untuk diproduksi secara massal.

Imperial College London berharap bahwa penelitian tentang coronavirus SARS yang dilakukan hampir dua dekade lalu dapat mempercepat penemuan vaksin untuk virus korona baru.

"Kami berharap menjadi yang pertama untuk memasukkan vaksin khusus ini ke dalam uji klinis manusia, dan itu mungkin adalah tujuan pribadi kami," kata McKay.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini