Perumahan Batan Indah Terpapar Radiasi Radioaktif

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 15 Februari 2020 12:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 15 56 2168906 perumahan-batan-indah-terpapar-radiasi-radioaktif-GkqGaBqJnQ.jpg Ilustrasi (Foto: Science Medicine)

JAKARTA- Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) mengungkapkan pihaknya telah menemukan adanya paparan radiasi radioaktif di depan Komplek Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang. Radiasi radioaktif tersebut dinyatakan cukup tinggi atau diatas ambang batas.

Temuan tersebut kemudian direspon oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama, BATAN, Heru Umbara mengatakan, saat ini BATAN sedang melakukan clean up di sekitar area terpapar pada hari ini, (15/2/2020).

Ia menambahkan, dengan berbagai fasilitas laboratorium dan pengolahan limbah radioaktif, BATAN diminta Bapeten untuk membantu proses pembersihan dan analisis material penyebab tingginya paparan radiasi. Upaya clean up yang telah dilakukan Batan adalah mengambil sumber pemapar yang memancarkan radiasi di atas ambang dan mengambil seluruh vegetasi dan tanah untuk dilakukan pengujian.

"Dari hasil clean up itu, bahan penyebab paparan radiasi telah ditemukan bercampur dengan tanah. Temuan itu saat ini sedang dianalisis di laboratorium BATAN," tambahnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini