BAPETEN Ungkap Bahaya Radiasi Radioaktif

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 17 56 2169656 bapeten-ungkap-bahaya-radiasi-radioaktif-7vpSVb7EGz.jpg

JAKARTA - Badan Pengawasan Tenaga Nuklir (BAPETEN) menemukan paparan radiasi radioaktif Cesium 137 di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. Hingga saat ini BAPETEN dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) tengah melakukan pembersihan area. Setelah ini, akan dilakukan penyelidikan dari mana radioaktif tersebut berasal.

Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol BAPETEN, Abdul Qohhar memastikan penyebaran radiasi Cesium 137 sangat kecil. Pasalnya Cesium 137 telah bercampur dengan tanah di mana jenis tanahnya tidak mudah menyebar. Abdul juga menambahkan penyebaran melalui udara juga tidak memungkinkan.

Meskipun demikian ia mengimbau masyarakat untuk menjauhi titik radiasi dan tidak memasuki area dari batas yang sudah ditentukan. Hal tersebut untuk menghindari bahaya dari paparan zat radioaktif.

Menurutnya, bahaya radiasi radioaktif tergantung pada besarnya paparan zatnya. Paparan radiasi radioaktif secara umum mampu merusak sel tubuh manusia.

“Bukan hanya Cesium tapi nuklida (isotop) yang bermacam-macam jenisnya itu bahayanya sama, yang ada paparan radiasinya. di mana paparan radiasi bisa merusak sel-sel tubuh, jadi mungkin bisa mengakibatkan gangguan kesehatan,” ungkap Abdul kepada Okezone, Senin (17/2/2020).

Meskipun demikian, kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel juga berpengaruh. Ketika tubuh sudah tidak mampu memperbaiki sel yang rusak karena paparan radiasi radioaktif, maka kemungkinan paling parah adalah kematian.

“Kalau kita kena radiasi itu ada pertarungan di tubuh, artinya disitu ketika sel tubuh rusak sel tubuh tidak bisa lagi memperbaiki,” kata Abdul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini