Kominfo dan Operator Seluler Uji Coba Mekanisme Blokir IMEI

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 18 207 2170303 kominfo-dan-operator-seluler-uji-coba-mekanisme-blokir-imei-24fNstlipq.jpg Ilustrasi (Foto: Pakistani Tech)

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama operator seluler melakukan uji coba mekanisme pemblokiran IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada 17-18 Februari 2020.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, Ferdinandus Setu uji coba dilakukan terhadap dua pilihan mekanisme pemblokiran IMEI yakni mekanisme Black List atau White List. Uji coba mekanisme black list diwakili oleh operator XL Axiata yang dilakukan pada 17 Februari 2020. Sedangkan uji coba mekanisme white list dilakukan terhadap operator Telkomsel yang berlangsung hari ini, (18/2/2020). 

“Mekanisme black list menerapkan "normally on" yang memungkinkan ponsel legal dan ilegal mendapat sinyal. Setelah diidentifikasi oleh sistem maka ponsel ilegal (cloning, malformat IMEI) akan dinotifikasi untuk diblokir. Waktu untuk dilakukan blokir berbeda tergantung case-nya,” kata Ferdinandus.

Dia melanjutkan mekanisme white list menerapkan "normally off".

“Hanya ponsel memiliki IMEI legal yang dapat sinyal untuk menerima layanan telekomunikasi dari operator,” kata Ferdinandus.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini