Bagaimana Cara Mendeteksi Radiasi Radioaktif?

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 19 56 2170812 bagaimana-cara-mendeteksi-radiasi-radioaktif-EXKoiCEbhx.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Radiasi Radioaktif tidak bisa dideteksi dengan indera penglihatan atau penciuman. Untuk mendeteksi radiasi radioaktif harus menggunakan alat ukur radiasi.

“Kita tidak bisa melihat dan membaui radiasi. Keberadaan radiasi radioaktif bisa dideteksi dengan alat ukur radiasi,” kata Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Abdul Qohhar kepada Okezone, Rabu (19/2/2020).

Abdul melanjutkan alat untuk mendeteksi dan mengukur radiasi ada bermacam-macam. Salah satu alat yang digunakan Bapeten untuk mendeteksi adanya radiasi radioaktif  di suatu area yakni mobile RDMS- MONA. Alat tersebut merupakan salah satu jenis survey meter radiasi.

Belum lama ini, alat yang telah dimiliki Bapetan sejak 2013 tersebut telah berhasil mendeteksi paparan radioaktif di lahan kosong Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan. 

“Fungsi survey meter untuk mengetahui radiasi di suatu arean. Termasuk yang kita gunakan ini deteksi awal, mobile RDMS- MONA yang merupakan detektor radiatif, bentuknya besar,” imbuh Abdul.

Abdul melanjutkan untuk mengetahui jenis zat radioaktif harus menggunakan identity finder. Identy finder digunakan untuk mendeteksi, menemukan, mengukur, dan mengidentifikasi sumber radioaktif.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini