Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Industri Teknologi Terkena Dampak Wabah Virus Korona

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 10:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 20 207 2171298 industri-teknologi-terkena-dampak-wabah-virus-korona-LZA20ehRDY.jpg Ilustrasi (Foto: Vaaju)

JAKARTA- Penyedia analisis rantai pasokan, TrendForce merilis laporan yang mengungkapkan dampak virus korona (COVID-19) terhadap industri teknologi.

Dilansir dari laman The Verge, Kamis (20/2/2020) wabah virus korona telah memberikan dampak yang besar pada seluruh industri teknologi. Belum lagi pameran seluler terbesar, Mobile World Congress (MWC) 2020 di Barcelona harus dibatalkan karena wabah tersebut.

Menurut laporan TrendForce, produksi smartphone diproyeksikan menurun 12 persen tahun-ke-tahun pada kuartal ini, yang akan membuatnya menjadi kuartal terendah dalam lima tahun.

 Industri Teknologi Terkena Dampak Wabah Virus Korona

Tidak hanya itu, rantai pasokan smartphone juga akan terganggu lantaran penundaan produksi. Wabah juga akan menggangu gelaran 5G di China, pasalnya Wuhan tempat pertama penyebaran virus merupakan basis pemasok serat optik. Wuhan juga menyumbang 25 persen pasokan untuk produksi global.

Peluncuran 5G China dapat terpengaruh karena kebutuhan yang lebih besar untuk kabel serat optik. Industri konsol video game juga ikut berpengaruh. Permintaan saat ini untuk PS4 dan Xbox One telah turu. Kemudian, pasar jam tangan pintar diprediksi akan turun 16 persen dari ekspektasi sebelumnya.

Disi lain, ada beberapa industri yang tidak terlalu berpengaruh. Seperti halnya, pasar flash DRAM dan NAND tidak akan terpengaruh karena penimbunan material dan otomatisasi tingkat tinggi di pabrik semikonduktor yang dioperasikan oleh perusahaan seperti Samsung dan SK Hynix.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini