Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditemukan Oksigen Molekuler di Luar Galaksi Bima Sakti

INews.id, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 19:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 21 56 2172323 ditemukan-oksigen-molekuler-di-luar-galaksi-bima-sakti-yKdNqCFGH4.jpg (Foto: NASA)

CALIFORNIA - Oksigen molekuler di luar galaksi Bima Sakti kabarnya ditemukan oleh para astronom. Oksigen molekuler berada di galaksi aneh yang jaraknya jutaan tahun cahaya, dikutip inews.

Oksigen merupakan unsur ketiga yang melimpah di alam semesta setelah hidrogen dan helium. Para astronom melakukan pencarian berulang-ulang, namun belum pernah melihat oksigen molekuler di galaksi ini. Hingga akhirnya mereka berhasil mendeteksinya.

Oksigen molekuler ditemukan di galaksi bernama Markarian 231. Markarian 231 merupakan galaksi di luar Bima Sakti, seperti dikutip dari New York Post.

"Dengan pengamatan mendalam terhadap Markarian 231 kami mendeteksi emisi (oksigen) di galaksi eksternal untuk pertama kalinya. Emisi (oksigen) yang terdeteksi terletak di daerah sekitar 32.615 tahun cahaya dari pusat Markarian 231. Dan (itu) mungkin disebabkan oleh interaksi antara arus keluar molekul yang digerakkan nucleus aktif galaksi dan awan molekul cakram luar," kata peneliti dari Chinese Academy of Sciences.

Galaksi Markarian 231 berjarak 561 juta tahun cahaya dari Bumi. Galaksi di luar Bima Sakti masih aktif, membentuk bintang-bintang baru dengan kecepatan lebih dari 100 massa per tahun.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini