Satelit NASA Tangkap Foto Antartika yang Meleleh

INews.id, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 13:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 23 56 2172776 satelit-nasa-tangkap-foto-antartika-yang-meleleh-7orOEuboaB.jpg (Foto: NASA)

CALIFORNIA - Gelombang panas menerpa Antartika pada awal Februari 2020. Ditemukan bahwa es dan salju di sepanjang ujung utara semenanjung Antartika mengalami perubahan.

Dikutip inews, Earth Observatory NASA merilis dua gambar dari satelit Landsat 8. Gambar menyoroti perubahan dramatis pada es dan salju di wilayah Antartika.

Pandangan dekat dari Eagle Island pada 4 Februari menunjukkan banyak lapisan salju. Pemandangan tindak lanjut dari 13 Februari mengungkapkan kolam lelehan biru terang dan tanah terbuka.

"Saya belum pernah melihat kolam leleh berkembang dengan cepat di Antartika," kata ahli glasiologi di Nichols College Massachusetts Mauri Pelto dalam sebuah postingan NASA yang dikutip Cnet.

Eagle Island terletak tidak jauh dari pangkalan penelitian Esperanza Argentina, tempat rekor suhu tinggi dicatat 6 Februari. Komite World Meteorological Organization sedang bekerja memverifikasi catatan pembacaan suhu.

Gelombang panas mencairkan sekitar 20 persen dari akumulasi salju musiman Eagle Island dalam hitungan hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini