Developer Bikin Website Cegah Penyebaran Virus Korona

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 207 2173286 developer-bikin-website-cegah-penyebaran-virus-korona-bBMsjd7Vu4.jpg (Foto: WebMD)

JAKARTA - Virus korona dikabarkan menyebar di Korea Selatan. Developer software swasta telah membuat situs web dan aplikasi untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Pemerintah Korea Selatan belajar dari masa lalu ketika menghadapi wabah MERS yang pernah muncul. Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan teknologi pemetaan untuk mencegah penyebaran wabah virus korona baru ini.

Kabarnya, pemerintah merilis informasi yang sangat rinci tentang kasus yang dikonfirmasi, termasuk usia, jenis kelamin dan rute harian orang yang terinfeksi. Data ini diambil sebelum dikarantina.

Identitas tidak dipublikasikan tetapi informasi memungkinkan pengembang web untuk membangun peta terperinci yang melacak pergerakan pasien.

“Kami mengalami reaksi publik setelah infeksi massal terjadi selama wabah MERS lima tahun yang lalu, karena kami tidak mengumumkan kepada publik ke mana pasien itu pergi,” seorang pejabat kesehatan, yang menolak untuk diidentifikasi karena kepekaan masalah tersebut kepada Reuters.

Sebuah tombol di salah satu situs, Coronamap.live diberi label "Lihat apakah saya aman". Sebuah klik menunjukkan pengguna jika ada kasus virus korona yang diketahui di sekitarnya.

Banyak warga Korea Selatan yang masuk ke situs. Mereka yang terinfeksi dan muncul dalam peta online adalah hal yang memalukan, membuat mereka tidak keluar.

Seo Su-sung, seorang siswa berusia 21 tahun yang menemukan Coronamap.live mengatakan, semakin banyak informasi, semakin baik untuk semua orang.

"Itu membuat masyarakat nyaman untuk menghindari daerah yang terkontaminasi ketika Anda bisa," kata Seo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini