Gunakan AI, Ilmuwan Berhasil Temukan Antibiotik Baru

Muhammad Ferdiansyah, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 56 2173329 gunakan-ai-ilmuwan-berhasil-temukan-antibiotik-baru-aadDNabYqY.jpeg (Foto: Towards Data Science)

JAKARTA - Artificial Intelligence (A) yang diciptakan oleh tim ilmuwan MIT berhasil menemukan antibiotik baru yang mampu membunuh bakteri.

Temuan yang didapatkan menggunakan AI ini diklaim menjadi yang pertama di dunia. Dalam prosesnya, ilmuwan MIT menggunakan algoritma untuk menganalisis lebih dari seratus juta senyawa kimia dalam hitungan hari.

"Dalam hal penemuan antibiotik, ini benar-benar yang pertama," kata Regina Barzilay, seorang peneliti senior di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Dilansir dari BBC, antibiotik yang baru ditemukan ini dikatakan mampu membunuh 35 jenis bakteri yang mematikan dan menjadi salah satu antibiotik terkuat saat ini.

"Saya pikir ini adalah salah satu antibiotik yang lebih kuat yang telah ditemukan hingga saat ini," kata James Collins, peneliti lain di MIT.

Para peneliti menambahkan, penggunaan mesin dapat mempercepat penemuan obat, membantu menurunkan biaya, dan akan menghasilkan lebih banyak antibiotik di masa depan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini