Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penyebaran Virus Korona, Drone dan Robot Dikerahkan

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 13:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 25 207 2173801 cegah-penyebaran-virus-korona-drone-dan-robot-dikerahkan-AQ1qlxnYRB.jpg (Foto: Dezeen)

JAKARTA- Pemanfaatan teknologi modern diterapkan oleh China untuk mencegah penyebaran virus korona (SARS-CoV-2). Seperti diketahui, virus telah menyebar luas, bahkan hingga saat ini terdapat 77.659 orang terinfeksi di China.

Dilansir dari laman Dezeen, Selasa (25/2/2020) bahkan kabarnya drone hingga robot dikerahkan Pemerintah China ke rumah sakit untuk mengurangi kontak fisik dengan manusia saat masa karantina korban virus korona.

Global Times melaporkan pada video viral yang menunjukkan drone dengan pengeras suara yang mengarahkan orang-orang di daerah pedesaan untuk kembali ke dalam. Para pejabat diduga menggunakan teknologi untuk mengawasi dan memberi perintah jarak jauh kepada warga sipil.

Ada juga laporan drone menggunakan pencitraan termal untuk mendeteksi orang dengan demam dari udara. Kemudian, pada 19 Februari 2020 dikabarkan bahwa Robot Disinfeksi UV buatan Denmark sedang dikirim ke China untuk digunakan di rumah sakit.

Robot UV memancarkan cahaya UV-C pekat dari bohlam di atas bodi beroda. Cahaya memiliki efek untuk membunuh virus dan bakteri yang ada di permukaan.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini