Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astronom Pakai Metode Baru untuk Temukan Planet

INews.id, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 21:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 25 56 2174087 astronom-pakai-metode-baru-untuk-temukan-planet-6s7YSUDpNs.jpg (Foto: NASA)

CALIFORNIA - Astronom Netherlands Institute for Radio Astronomy menemukan metode baru untuk memeriksa interaksi planet-planet dan bintang-bintangnya, dikutip inews.

Astronom menggunakan teleskop radio yang sensitif bernama Low Frequency Array (LOFAR). Teleskop digunakan untuk melihat emisi radio yang dilepaskan saat atmosfer planet berinteraksi dengan medan magnet bintang katai merah yang mengorbit.

"Gerakan planet melalui medan magnet yang kuat dari katai merah bertindak seperti mesin listrik dengan cara yang sama dengan cara kerja dinamo sepeda. Ini menghasilkan arus besar yang menggerakkan aurora dan emisi radio pada bintang," kata penulis utama studi dan staf ilmuwan Netherlands Institute for Radio Astronomy (ASTRON) Dr. Harish Vedantham.

Dengan mencari emisi radio ini, para astronom dapat menemukan planet dengan astmosfer yang cukup dekat dengan raksasa merah inangnya. Di Tata Surya, astronom tidak melihat emisi radio seperti ini karena matahari memiliki medan magnet yang lebih lemah dan planet-planet terletak lebih jauh.

Namun, ada efek interaksi yang serupa terlihat antara medan magnet Jupiter dan Bulannya Io. Interaksi ini menghasilkan emisi radio yang lebih keras dibanding yang dihasilkan Matahari pada frekuensi rendah.

"Kami mengadaptasi pengetahuan dari beberapa dekade pengamatan radio mengenai Jupiter dengan kasus bintang ini. Versi Jupiter-Io yang ditingkatkan ukurannya telah lama diprediksi ada dalam bentuk sistem bintang planet, dan emisi yang kami amati sangat sesuai dengan teorinya," ujar rekan postdoctoral ASTRON dan penulis pendamping penelitian Dr. Joe Callingham.

Tim kini akan menggunakan metode ini untuk mencari emisi serupa dari bintang katai merah lainnya.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini