Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penelitian Ungkap Kecanduan Ponsel Mampu Ubah Otak Manusia

INews.id, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 21:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 25 56 2174095 penelitian-ungkap-kecanduan-ponsel-mampu-ubah-otak-manusia-Tn1UY2m0ns.jpg (Foto: Pixabay)

CALIFORNIA - Menggunakan ponsel dalam waktu lama memiliki dampak yang buruk, dikutip dari inews. Penelitian menemukan mereka yang telah diklasifikasikan sebagai orang yang memiliki kecanduan ponsel ternyata mempunyai perubahan otak yang secara fisik mirip dengan pecandu narkoba.

Dalam penelitian, para peneliti menggunakan mesin MRI. Pengujian dilakukan pada 48 orang, 22 di antaranya dikategorikan mempunyai kecanduan smartphone.

"Mengingat penggunaan yang meluas dan popularitasnya yang meningkat, penelitian ini mempertanyakan ketidakberesan smartphone, setidaknya pada individu yang mungkin berisiko lebih tinggi mengembangkan perilaku adiktif terkait smartphone," kata para peneliti yang dikutip dari Ubergizmo.

Kecanduan smartphone bukan hal baru. Namun, laporan menyebutkan temuan terbaru para peneliti dianggap mengkhawatirkan.

Oleh karena itu, perusahaan teknologi seperti Apple dan Google telah memperkenalkan fitur-fitur khusus. Fitur dirancang untuk membantu mengurangi waktu yang dihabiskan pengguna dalam menggunakan ponsel.

(ahl)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini