Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fenomena Mirip 'CENS' Sebabkan Curah Hujan Tinggi di Jakarta

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 15:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 26 56 2174426 fenomena-mirip-cens-sebabkan-curah-hujan-tinggi-di-jakarta-zIJxs0y8zY.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Fenomena menyerupai Cross Equatorial Northerly Surge (CENS) yang berasal dari Laut China Selatan ke Teluk Jakarta menjadi penyebab tingginya curah hujan di wilayah Jabodetabek. Seperti diketahui, pada 25 Februari 2020 terjadi banjir di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya, setelah hujan deras sejak 24 Februari 2020.

"Fenomena CENS menyebabkan proses pembentukan awan Cumulonimbus terjadi lebih cepat di teluk Jakarta. Siklon Ferdinand dan Esther berkontribusi terjadinya fenomena ini. Akibatnya hujan kerap terjadi pada malam hingga dinihari atau dikenal sebagai fenomena Nighttime-Morning Precipitation," kata Kepala Balai Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC-BPPT), Tri Handoko Seto di Jakarta.

Menurut Tri, wilayah Jabodetabek saat ini berada pada wilayah konvergensi massa udara sehingga menyebabkan peningkatan massa udara basah yang memicu terjadinya hujan lebat.

Dari hasil analisis dan pengamatan cuaca, pertumbuhan awan-awan hujan yang terjadi di wilayah Jabodetabek sebagian besar terjadi pada malam hingga dini hari.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini