Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Rayakan Ulang Tahun NH Dini ke-84 Lewat Doodle

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Sabtu 29 Februari 2020 09:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 29 207 2175992 google-rayakan-ulang-tahun-nh-dini-ke-84-lewat-doodle-TJbagNLgR9.jpg Google Doodle (Foto: Google)

JAKARTA- Google turut merayakan ulang tahun NH Dini ke-84 lewat doodle, hari ini (29/2/2020). Desainnya menampilkan sosok NH Dini sebagai wanita berkacamata yang tengah menulis di secarik kertas. Wajahnya menggantikan huruf 'O' pada logo Google.

NH Dini merupakan tokoh sastrawan dan novelis Indonesia, lahir di Semarang pada 29 Februari 1936 dengan nama Nurhayati Sri Hardinia Siti Nukatin. NH Dini juga tertarik dengan isu feminis, dan berkeyakinan bahwa wanita pantas diperlakukan secara adil dan terhormat.

Terinspirasi oleh perjalanan internasionalnya dan pengejaran tanpa henti untuk hak-hak perempuan, Dini mengabdikan hidupnya untuk menulis dan menerbitkan lusinan novel, cerita pendek, dan puisi selama 60 tahun karirnya. Melalui karya-karya seperti  Pada Sebuah Kapal dan Namaku Hiroko , fiksi Dini terus memberdayakan wanita dewasa ini.

Tidak hanya besar sebagai penulis dan feminis, pada 1950-an NH Dini bekerja sebagai pramugari. Disanalah ia bertemu suaminya, Yves Coffin, seorang konsul Prancis ke Jepang.

Google Rayakan Ulang Tahun NH Dini ke-84 Lewat Doodle

Sepanjang pernikahan mereka, keduanya pernah tinggal di Kamboja, Jepang, Prancis, Filipina, dan Amerika Serikat. NH Dini dan Yves memiliki dua anak bernama Marie-Claires Lintang Coffin dan Pierre-Louis Padang Coffin. Pierre, anak laki-laki mereka dikenal sebagai sutradara film animasi populer Minions dan Despicable Me. NH Dini wafat di Semarang pada 4 Desember 2018.

Ada salah satu perkataan NH Dini yang dikutip oleh Google untuk mengenang dia yang menggambarkan bagaimana kecintaannya terhadap sastra.

“Sastra sebenarnya adalah makanan bergizi bagi jiwa dan pikiran manusia. Ini adalah fondasi dasar kemanusiaan, cerminan masyarakat, realitas, pengetahuan, dan kebijaksanaan, ”kata novelis Indonesia NH Dini yang diingat Google.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini