Ini Penyebab Munculnya Salju Merah di Antartika

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 56 2177233 ini-penyebab-munculnya-salju-merah-di-antartika-4NVsJEonGa.jpg Salju Merah di Antartika (Foto: Ist)

JAKARTA- Salju di Antartika berubah menjadi berwarna merah beberapa waktu lalu. Fenomena ini kemudian viral setelah di unggah oleh Kementerian Pendidikan dan Sains di Ukraina di media sosial resminya.

Dilansir dari laman India Today, Selasa (3/3/2020) salju merah telah mengelilingi markas para ilmuwan distasiun riset milik Ukraina, Vernadsky Research Base selama beberapa minggu. Setelah ditelusuri, warna merah tersebut berasl dari ganggang salju yang memiliki pigmen warna merah. Ganggang memiliki nama ilmiah chlamydomonas nivalis.

Warna merahnya berasal dari karoten (pigmen yang sama pada warna oranye labu dan wortel) di kloroplas alga. Selain rona merahnya, pigmen juga mampu menyerap panas dan melindungi alga dari sinar ultraviolet.

Ganggang tersebut tidak dapat hidup pada musim dingin. Namun mereka bisa hidup saat musim panas dan menyebarkan pigmen merahnya.

Menurut ilmuwan, fenomena ini sebenarnya tidak baik untuk salju. Ketika ada matahari, ganggang akan menyerap lebih banyak panas dan pigmen merahnya akan semakin hidup. Hal ini menyebabkan salju akan cepat mencair, karena salju memantulkan sedikit sinar. Hal ini ditakutkan akan memperparah perubahan iklim.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini