Sains Jelaskan Fenomena Cracking pada Jari Tangan Manusia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 56 2177453 sains-jelaskan-fenomena-cracking-pada-jari-tangan-manusia-zarEAEju6J.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Saat merasa lelah mungkin Anda kerap kali menekuk dan menekan jari-jari tangan hingga menimbulkan suara seperti retakan. Menurut sebuah peneliti suara tersebut hasil dari gelembung gas yang meletup di dalam jari tangan.

Dilansir dari laman Gizmodo, para peneliti dari Stanford University dan Ecole Polytechnique di Prancis telah melakukan penelitian tentang fenomena cracking pada jari tangan.

Lebih lanjut. penelitian menunjukkan bahwa gelembung mikroskopis di dalam cairan sinovial pelumas dari kolaps sendi ketika sesi ‘retak-retak’ dimulai. Bunyi ini dianalogikan seperti 'buble wrap' pada tubuh.

Untuk mengumpulkan data, peneliti mengambil representasi geometrik dari gerakan sendi selama sesi retak dan mengubahnya menjadi persamaan matematika. Model perangkat lunak menunjukkan bahwa tekanan bergeser dalam tekanan meningkatkan cairan bersama pada gelembung-gelembung gas.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini