Share

Google Sembunyikan Aplikasi Bertema Virus Korona dari Play Store

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 22:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 207 2178314 google-sembunyikan-aplikasi-bertema-virus-korona-dari-play-store-JIqnKrRavO.jpg Ilustrasi Google Ply Store (Foto: Okezone/Istimewa)

JAKARTA - Google menghilangkan aplikasi berkaitan dengan virus korona alias COVID-19. Dugaan tersebut muncul setelah pencarian dengan kata kunci coronavirus dan COVID-19 dalam Google Play Store, tidak membuahkan hasil. Begitu juga pencarian aplikasi dengan kata kunci lain seperti covid.

Langkah untuk menghilangkan sementara aplikasi dengan kata kunci virus korona, diperkirakan menjadi upaya menangkal penyebaran informasi keliru mengenai wabah itu. Melansir laman Tech Radar, keberadaan aplikasi ini dimanfaatkan memuat kabar yang justru menimbulkan dampak berbahaya secara luas.

Merebaknya wabah virus korona juga bisa menjadi peluang bagi pengembang perangkat lunak tak bertanggung jawab, untuk meraup untung. Aplikasi sederhana dengan informasi ataupun konten minim manfaat justru digunakan menampilkan iklan atau ajakan penggunaan fitur premium.

Hal ini dianggap memperkeruh suasana kekhawatiran yang muncul akibat penyebaran virus korona di berbagai negara. Walaupun, sejumlah aplikasi lain memang menyediakan panduan serta petunjuk bermanfaat seperti cara mencuci tangan secara benar sampai langkah melakukan swakarantina.

Penyaringan informasi terkait penyebaran virus korona juga dilakukan perusahaan teknologi lain seperti Facebook, Twitter, hingga Pinterest. Celah informasi keliru dan menyesatkan berusaha untuk ditutup agar tidak menimbulkan keresahan lebih lanjut di lingkungan masyarakat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini