Dua Dekade, PlayStation 2 Jadi Pembuka Gim Konsol Modern

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 326 2178313 dua-dekade-playstation-2-jadi-pembuka-gim-konsol-modern-pIh61cyTux.jpg Ilustrasi Sony PlayStation 2 (Foto: Okezone.com/Softpedia)

TOKYO - PlayStation 2 kali pertama diperkenalkan secara luas pada 4 Maret 2000. Bentuk futuristik dengan sudut kotak khas buatan Sony serta unit prosesor 128-bit, mampu menarik minat pengguna melalui gim yang menyajikan pengalaman sinematik serta jalan cerita menantang.

Setahun lebih penjualan konsol Sony PlayStation 2 mampu menembus tiga juta unit di pasar Jepang atau 20 juta unit secara global. Deretan judul seperti Grand Theft Auto (GTA): Vice City, Metal Gear Solid 2, dan Devil May Cry ikut menuai sukses dengan kedalaman detail visual serta tema-tema lebih dewasa.

Kesuksesan judul gim tadi dan perkembangan teknologi visual pada konsol PlayStation 2, memungkinkan eksplorasi lebih banyak tema gim baru. Hasilnya adalah gim dengan tema horor seperti Silent Hill 2, hingga pemanfaatan antarmuka pengguna secara aktif dalam Guitar Hero.

Warisan kreasi judul gim dari era PlayStation 2 masih bisa dirasakan oleh penggemar platform lain hingga saat ini. Pengembangan judul seperti Devil May Cry maupun GTA diteruskan dengan jalan cerita terbaru, begitu juga kemunculan gim ikonik lain seperti Assassin's Creed.

Pengalaman yang muncul dari gim di platform PlayStation 2 seolah berjalan sesuai dengan jargon yang diberikan Sony, yakni sebagai Emotion Engine. Standar pengembangan dengan perpaduan teknologi visual serta alur cerita mengaduk emosi jadi jalan yang masih dipakai oleh gim laris sampai saat ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini