Share

BMKG Ungkap Foto Fenomena Hari Tanpa Bayangan Hari Ini

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 56 2178137 bmkg-ungkap-foto-fenomena-hari-tanpa-bayangan-hari-ini-uQ8IZtoNuA.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA- Hari tanpa bayangan berlangsung di Jakarta pukul 12.04 WIB, hari ini (4/3/2020). Fenomena ini membuat benda tegak tampak tidak memiliki bayangan karena bertumpuk dengan benda tersebut. Manusia juga tidak bisa melihat bayangannya sendiri.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan fenomena hari tanpa bayangan terjadi ketika Matahari tepat berada pada posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi Matahari dama dengan lintang pengamat. Fenomena ini disebut dengan kulminasi utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

Meskipun hari ini wilayah Jakarta terlihat mendung pada siang hari, BMKG berhasil menangkap foto fenomena hari tanpa bayangan di kantor BMKG Pusat, Jakarta. BMKG membagikan peristiwa tersebut di Instagram resminya.

"Hasil pengamatan sederhana "hari tanpa bayangan" di BMKG pusat hari ini, Rabu 4 Maret 2020 tepat pukul 12.04," tulis BMKG.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini