Senator AS Usulkan Aturan Larangan Pegawai Pemerintah Pakai TikTok

Agregasi Jum'at 06 Maret 2020 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 207 2179419 senator-as-usulkan-aturan-larangan-pegawai-pemerintah-pakai-tiktok-biCVoZ4z81.jpg (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Senator Amerika Serikat (AS) pada Rabu mengusulkan legislasi yang melarang pegawai pemerintah menggunakan TikTok. Legislasi tersebut khususnya melarang pegawai pemerintah menggunakan aplikasi tersebut melalui peralatan milik pemerintah, dikutip Voaindonesia.

Menurut Josh Hawley pada sebuah sidang di Kongres, data yang dikumpulkan aplikasi milik China itu dan kemungkinannya dimanfaatkan pemerintah China. Ini dianggap berisiko besar mengancam keamanan rakyat Amerika.

Ia mengatakan larangan serupa telah diberlakukan di beberapa badan federal besar, termasuk Departemen Pertahanan dan Departemen Luar Negeri.

Hawley tidak mengatakan, kapan ia akan memperkenalkan RUU itu. Usaha ini merupakan pengawasan keamanan terbaru untuk TikTok, yang memungkinkan para penggunanya mengunggah dan menonton video-video pendek.

TikTok sendiri membantah kemungkinan bahwa data yang dikumpulkan aplikasi itu akan dimanfaatkan pemerintah China.

Perusahaan itu mengatakan, data dari para pengguna aplikasi itu di AS akan disimpan di AS, dan bukan menjadi bagian dari yuridiksi pemerintah China. Perusahaan memahami keprihatinan tersebut, namun menurutnya tudingan itu tidak berdasar.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini